KUESIONER PENELITIAN
Judul Penelitian Disertasi : Pengaruh Ideologi Teologis terhadap Etos Kerja Penenun Songket Palembang
Peneliti : Anisatul Mardiah
PENGANTAR : Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Saya mahasiswa dari Universiti Malaya, sedang mengadakan penelitian tentang Pengaruh Ideologi Teologis terhadap Etos Kerja Penenun Songket Palembang. Penelitian ini semata-mata untuk kepentingan ilmiah. Bapak/Ibu/Sdr yang terpilih sebagai responden dalam penelitian ini, saya mohon untuk mengisi angket sesuai dengan petunjuk. Terima kasih saya haturkan atas kesedian Bapak/Ibu/Sdr atas bantuannya dalam mengisi angket ini.
PETUNJUK UMUM : 1. Isi titik-titik sesuai dengan pertanyaan.
2. Beri tanda ( x ) pada pilihan jawaban yang dianggap sesuai atau tepat (benar).
A. Identitas Responden
1. Nama : …………………………………………………….
2. Tempat dan Tanggal lahir (umur) : …………………………………………………….
3. Jenis kelamin : ……………………………………………………
4. Status Perkawinan : ……………………………………………………
5. Agama : ……………………………………………………
6. Pendidikan :
a. SD/sederajat :…………………………………………………….
b. SLTP/sederajat : ……………………………………………………..
c. SMU/Sederajat : …………………………………………………….
d. Sarjana Muda/Diploma : …………………………………………………….
e. Sarjana (S1) : ……………………………………………………..
f. Magister (S2) : …………………………………………………….
g. Doktor (S3) : ……………………………………………………..
7. Pendidikan tambahan
a. Pelatihan : ……………………………………………………..
b. Kursus : ……………………………………………………..
8. Status Penenun : a. pemilik b. pekerja
B. Kuesioner tentang ideologi teologis
Lokasi Penelitian : Kecamatan Ilir Barat II dan Seberang Ulu II Palembang
Petunjuk: Kuesioner berikut memuat tentang sejumlah pertanyaan yang menggambarkan
Pendapat tentang kebiasaan, keyakinan, serta nilai perilaku yang diperpegangi dalam beberapa konteks situasi. Berilah tanda ( x ) pada huruf-huruf kategori sesuai dengan pandangan dan keyakinan Anda.
1. Manusia dapat mengetahui adanya Tuhan berdasarkan akal
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
2. Manusia wajib berterima kasih kepada Tuhan
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
3. Akal dapat mengetahui baik dan buruk
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
4. Wahyu berfungsi sebagai penjelas dari apa yang telah diketahui akal
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
5. Perbuatan manusia terwujud atas kehendak dan kemauannya sendiri
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
6. Sejak awal Allah telah menentukan nasib seseorang seratus persen. Oleh karena itu, apapun yang terjadi harus diterima apa adanya.
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
7. Apa yang telah ditentukan (ditakdirkan) Tuhan tidak dapat diubah oleh manusia
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
8. Tuhan mempunyai kewajiban memberi pahala atas ketaatan hamba-Nya dan memberi siksa atas kekafirannya.
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
9. Keadilan Tuhan seperti keadilan raja konstitusional (berdasarkan hukum/undang-undang) yang kekuasaan-Nya dibatasi oleh hukum/undang-undang walaupun hokum/undang-undang itu buatan-Nya sendiri.
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
10. Segala perbuatan Tuhan bersifat baik dan telah terlihat pada hukum-hukum keadilan-Nya. Apabila Tuhan memasukkan orang yang berbuat baik ke dalam neraka berarti Tuhan zalim
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
11. Segala sesuatu di alam ini berjalan menurut Sunnatullah (hukum alam ciptaan Allah) yang tidak berubah-ubah dan Tuhan tidak menghendaki Sunnatullah tersebut sekali-kali menyalahi alam
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
12. Setiap benda mempunyai hukum alam sendiri, misalnya api yang mempunyai hokum alamnya yang bersifat membakar.
a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
13. Ayat-ayat Alquran yang menggambarkan Tuhan mempunyai sifat-sifat jasmani harus diberi makna lain, misalnya kata al-yad (tangan) diberi makna sebagai kekuasaan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
14. Tuhan tidak dapat dilihat dengan mata kepala karena sifat Tuhan tidak sama dengan sifat makhluk ciptaan-Nya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
15. Orang Islam yang melakukan dosa besar tetap Islam (mukmin) bukan kafir, tetapi ia akan dihukum Tuhan sesuai dengan dosanya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
16. Firman Tuhan bersifat baharu karena Firman Tuhan diciptakan Tuhan
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
17. Tuhan wajib mengirim rasul-rasul agar manusia dapat lebih mudah mengetahui dan menjalani hidup dengan baik. Hal ini sesuai dengan keadilan Tuhan terhadap hamba-Nya yang kelak akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan Tuhan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
18. Tuhan akan mengadili manusia sesuai dengan janji dan ancaman-Nya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
19. Bencana alam terjadi sebagai fenomena alamiah berdasarkan Sunnatullah (hukum alam ciptan Tuhan) yang mengalami proses sebab akibat.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
C. Kuesioner tentang Etos Kerja
1. Ketika bekerja saya senantiasa merasakan Allah bersama saya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
2. Saya merasakan bahwa pekerjaan yang saya lakukan adalah tanggungjawab dan amanah kepada Allah
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
3. Agama Islam mengajarkan umatnya untuk bekerja keras
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
4. Hadis yang menyatakan bekerjalah kamu seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya dan beribadahlah kamu seolah-olah kamu akan mati esok hari, telah menjadi motivasi bagi saya untuk bekerja.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
5. Rezeki yang disediakan oleh Allah harus dicari secara aktif dengan jalan berusaha dan berdoa.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
6. Prinsip hidup yang mengatakan makan tidak makan asalkan kumpul tidak sesuai dengan prinsip ajaran Islam yang menyuruh umatnya untuk bertebaran di muka bumi dalam rangka mencari rezeki.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
7. Untuk mencari rezeki yang halal, manusia harus berperan aktif dalam kegiatan ekonomi, seperti menenun songket atau membuat makanan untuk dijual, dll.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
8. Dalam sejarah Islam, para nabi digambarkan sebagai pekerja yang ulet di samping aktif menyeru manusia pada kebaikan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
9. Islam mencela sifat manusia yang pemalas dan meminta-minta (mengemis).
( a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
10. Bekerja dengan sungguh-sungguh yang diiringi dengan doa kepada Allah termasuk dalam jihad karena ia dinilai sebagai ibadah.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
11. Dalam bekerja, manusia juga dianjurkan untuk menjalin silaturrahmi antar sesama agar pekerjaannya lebih sukses.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
12. Hubungan baik dengan sesama manusia harus lebih diutamakan dibandingkan dengan uang, materi atau aturan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
13. Majikan harus dihargai karena posisi dan kedudukan mereka.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
14. Penenun harus selalu mematuhi perintah majikan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
15. Saya lebih senang bekerja pada satu majikan daripada berpindah-pindah.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
17. Lebih baik menunggu perintah majikan daripada berinisiatif untuk memulai kerja.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
18. Saya tidak berani sama sekali mengambil inisiatif sendiri dalam bertindak tanpa perintah dari majikan saya, karena saya merasa tidak berdaya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
19. Dalam menenun saya punya target dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tenunan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
20. Saya giat bekerja walaupun tidak diawasi oleh majikan.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
21. Saya menenun berdasarkan kreativitas saya sendiri
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
22. Kebiasaan kerja seseorang tidak dapat diubah.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
23. Setiap orang memiliki kemampuan untuk mengubah diri mereka sendiri dalam setiap tahap kehidupannya.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
24. Bila telah cukup modal, saya akan membuka usaha sendiri
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
25. Masalah miskin atau kaya dapat diubah oleh manusia dengan berusaha (bekerja) dan berdoa.
(a). Sangat setuju
(b). Setuju
(c). Ragu-ragu
(d). Tidak setuju
(e). Sangat tidak setuju
Terima kasih atas kerja samanya. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Disahkan oleh Penyelia
Prof. Madya DR. Khadijah Mohd. Hambali @ Hambali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar